Sabtu, 24 September 2011

Perancangan Organisasi



Sebelum mengetahui definisi dari perancangan organisasi akan lebih baik apabila kita memahami tentang apa itu definisi dari perencanaan dan organisasi. Perancangan dapat dikatakan sebagai suatu proses ataupun cara dalam suatu sistem yang di tata secara terstruktur untuk mendapatkan suatu tujuan dan dapat berjalan sesuai dengan apa yang diinginkan. Sedangkan, Organisasi menurut para ahli adalah sebagai berikut :
  • Stoner mengatakan bahwa organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan atasan mengejar tujuan bersama.
  • James D. Mooney mengemukakan bahwa organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.
  • Chester I. Bernard berpendapat bahwa organisasi merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.
  • Stephen P. Robbins menyatakan bahwa Organisasi adalah kesatuan/entitas sosial yang dikoordinasikan secara sadar, dengan sebuah batasan yang relatif dapat diidentifikasi, yang bekerja atas dasar yang relatif terus menerus untuk mencapai suatu tujuan bersama atau sekelompok tujuan.
Berdasarkan penegrtian di atas dapat dikatakan bahwa organisai merupakan suatu aktivitas hubungan interaksi social anatar individu dengan individu lainnya yang terkoordinasi secara sadar dan dilakukan untuk mendapatkan tujuan atau kesepakatan  bersama.
Organisasi sendiri dapat dikatakan sebagai sesuatu yang abstrak, abstrak disini dalam artian yaitu koosrdinasi individu, kegiatan-kegiatan yang saling berhunbungan(Barnard), kerjasama individu, ada pemimpin dan yang dipimpin, having a goal(Davis), and related to social aspect.
Dari beberapa pendaapat di atas dapat dikatakan bahawa Perancangan Organisasi merupakan suatu kegiatan yang bersifat formal ataupun unformal, yang memiliki proses terarah untuk mengintegrasikan manusia, informasi dan teknologi dalam sebuah organisasi. Perancangan organisasi sendiri dapat juga digunakan sebagai wadah untuk mempertemukan antar individu dan individu lainnya dalam bentuk organisasi sedekat mungkin dengan tujuan untuk meraih sesuatu yang diinginkan oleh organisasi. Melalui proses perancangan, kegiatan organisasi degunakan untuk meningkatkan kemungkinan adanya usaha bersama seluruh anggota organisasi dalam mencapai kesuksesan.

0 komentar:

Posting Komentar